Cuitan Dhani Dianggap Menyebar Kebencian ke Semua Pemilih Ahok - JURAGANTOTO

Breaking

JURAGANTOTO

Prediksi Togel, Paito dan Berita Terbaru Indonesia

February 6, 2019

Cuitan Dhani Dianggap Menyebar Kebencian ke Semua Pemilih Ahok

 Musisi sekalligus juru kampanye Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ahmad Dhani
Musisi sekalligus juru kampanye Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ahmad Dhani


Cuitan musisi yang juga politikus Gerindra, Ahmad Dhani, dianggap menyebarkan kebencian kepada seluruh pemilih mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Pilkada DKI 2017.

Menurut Johanes Tobing, kuasa hukum dari pelapor Dhani, Jack Boyd Lapian, hal itu menjadi alasan kliennya membuat keputusan melaporkan Dhani ke kepolisian karena melanggar UU ITE.

"Dhani pada 6 Maret 2017, bikin cuitan yang isinya siapa saja yang dukung penista agama, adalah bajingan yang perlu diludahi mukanya," ujar Tobing dalam acara Indonesia Lawyers Club, tvOne, Selasa, 5 Februari 2019.
Tobing menyampaikan cuitan Dhani lantas memenuhi unsur menimbulkan rasa kebencian seperti tercantum dalam Pasal 28 UU ITE. Tobing menafsirkan Dhani menganggap 42,04 persen pemilih Ahok-Djarot, atau 2.350.366 warga Jakarta, merupakan orang yang pantas dibenci.
"Jadi apakah yang dua juta orang ini harus diludahi mukanya? Karena (cuitan Dhani) jelas. Dia juga bilang siapa yang memilih, mendukung penista agama, adalah bajingan," ujar Tobing.
Tobing menegaskan pihak penyidik kepolisian juga sepakat Pasal 28 UU ITE bisa digunakan untuk mengusut perkara ujaran kebencian yang pada waktu itu masih diduga dilakukan Dhani.
 
"Jadi ini juga memang hate speech, ujaran kebencian. Pada waktu itu (unsur penyelidikan) sudah lengkap semua, kita konsultasikan dengan penyidik, mereka juga bisa terima," ujar Tobing.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad